Web Mail   |   Link   |   Site Map   |   Contact Us   |   Login
Home » Profil » Sekilas Gasdom
Sekilas Tentang Unit Domestic Gas

Unit Domestic Gas merupakan salah satu unit bisnis di Pertamina yang memasarkan LPG dan produk-produk gas lainnya di Indonesia. Sejak tahun 1968, Unit Domestic Gas telah berkomitmen untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia dengan menyediakan LPG sebagai bahan baku dan bahan bakar Industri, Rumah Tangga, dan Komersial dengan menggunakan brand "Elpiji". Akhir-akhir ini, Elpiji menjadi lebih dikenal dan dekat dengan masyarakat karena adanya program Pemerintah untuk mengkonversi Minyak Tanah dengan Elpiji, yang ternyata telah terbukti lebih ekonomis, efisien dan ramah lingkungan.

Dalam era langit biru, Gas Domestik memegang peranan penting dalam menyukseskan program ini. Disamping Elpiji, sejak tahun 1987 Unit Domestic Gas juga telah menyuplai bahan bakar gas dengan menggunakan CNG (Compressed Natural Gas), dibawah brand "BBG". Pada tahun 2004 diluncurkan brand "Musicool", suatu hidrokarbon refigerant yang ramah lingkungan, menjadi satu bukti dari komitmen kami untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik karena menjaga lapisan ozon dari kerusakan dan efek pemanasan global. Pada tahun 2009 Unit Bisnis Domestic Gas meluncurkan produk baru yaitu produk Elpiji premium dengan brand Ease Gas. Produk Ease Gas dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pasar rumah tangga menengah keatas dan industri. Ease Gas dipasarkan dalam dua kemasan tabung yaitu tabung 9 Kg dan tabung 14 Kg, dijual dengan harga keekonomian dengan keunggulan dibandingkan produk Elpiji lainnya yaitu :

  1. Kualitas dan tampilan tabung yang lebih elegant dengan warna kuning keemasan mengkilat, bersih dan terbuat dari baja terbaik berstandar SNI.
  2. Valve tabung Ease Gas dilengkapi dengan technologi double spindle sehingga memberikan tingkat safety yang lebih baik.
  3. Layanan prima dengan layanan antar ke tempat konsumen atau melalui call center ( 62 – 21) 7294655 atau melalui contact Pertamina 500-000.

Untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen, Unit bisnis Domestic Gas membagi wilayah pemasarannya menjadi enam area pemasaran yang dipimpin oleh Manajer Region yaitu :

  • Region I, melingkupi Provinsi NAD, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau Daratan dan Riau Kepulauan.
  • Region II, melingkupi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung.
  • Region III, melingkupi area DKI Jakarta, Provinsi Banten dan Jawa Barat, Kalimantan Barat.
  • Region IV, melingkupi area Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
  • Region V, melingkupi area Provinsi Jawa Timur, Bali, NTB, NTT.
  • Region VI, melingkupi area Kalimantan Timur, Sulawesi dan Papua.
  • Region VI, melingkupi atas area Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Saat ini, diversifikasi energi merupakan suatu keharusan dalam rangka mengantisipasi krisis minyak bumi disebabkan adanya kecenderungan penurunan cadangan minyak bumi. Bersama dengan Laboratorium dan Riset PT. Pertamina (Persero), Unit Domestic Gas mengembangkan LPG untuk transportasi, atau LGV (Liquefied Gas for Vehicle).

Menghadapi pemenuhan kebutuhan energy yang kian kompleks dan kompetitif, PT Pertamina ( Persero ) telah berkomitmen untuk melakukan transformasi bisnis disemua kegiatannya. Unit bisnis Domestic Gas secara terus menerus dan berkelanjutan mengembangkan produk produknya, untuk mendukung infrastruktur yang handal dan memberikan pelayanan yang lebih baik sera memberikan dukungan terbaik bagi pemerintah Republik Indonesia, masyarakat dan lingkungan.